Beli Baju dan Kue Lebaran


Beli baju dan Kue lebaran

Lebaran di Indonesia identik dengan beberapa tradisi yang sudah mengakar daging, antara lain Baju baru dan Kue lebaran. Lalu, istilah-istilah untuk menggambarkannya pun muncul, diantaranya: Bukannya lebaran kalau nggak pake baju baru. Dan Bukannya Lebaran kalau tidak ada kue.

Dua tradisi ini baik-baik dan boleh-boleh saja. Pake baju baru di hari lebaran memang disarankan agama sampai tingkat mandu/mustahab. Di bawah sunnah sedikit, tapi di atas mubah. Kalau yang mewajibkan tidak ada. Bahkan ada istilah:

لَيْسَ الْعِيْدُ لِمَنْ لَبِسَ الْجَدِيْدَ، اِنَّمَا الْعِيْدُ لِمَنْ طَاعَتُهُ تَزِيْدُ

 Ied ( Idul fitri) / kemenangan itu bukan bagi yang menggunakan pakaian baru, akan tetapi kemenangan itu bagi mereka yang keta’atannya bertambah.

لَيْسَ الْعِيدُ لِمَنْ لَبِسَ الْجَدِيْدَ ، وَإِنَّمَا الُعِيْدُ لِمَنْ خَافَ يَوْمَ الْوَعِيْدِ

Ied ( Idul fitri)/ kemenangan itu bukan bagi yang menggunakan pakaian baru, akan tetapi kemenangan itu bagi mereka yang takut akan hari pembalasan.

Wal hasil, bagi yang ingin menggunakan pakaian baru di hari lebaran nanti, silahkan. Belilah pakaian lewat online. Tidak perlu ke pasar dulu dalam kondisi seperti ini. Dan ingat, beli 1 stel saja. Baju 1, Celana 1, Sarung 1, Peci 1, Sandal/sepatu 1. Jika sudah beli 2, maka berbagilah kepada yang lain. Lebaran tahun ini banyak sekali ummat Islam tanah air kita yang butuh bantuan.

Untuk kue lebaran, penulis setuju harus tetap ada. Buat sendiri, sepertinya lebih seru karena ayah dan anak-anak bisa membantu ibu. Kue apa ? kue wajib 1 porsi, kue sunnah 1 porsi, dan kue ciri khas 1 porsi. Emang ada kue wajib dan kue sunnah ? Setiap daerah punya ciri khasnya sendiri, punya kue dan makanan lebarannya sendiri. Di Jakarta, hari lebaran wajib ada ketupat. Tidak ada rumah di masyarakat Betawi pada hari lebaran tidak tersedia ketupat. Yang berbeda adalah temannya. Ada laksa, ada opor, ada semur, ada rendang, ada ikan dll. Pilihlah satu dari makanan istimewa itu.

Pesan penulis, jangan berlebihan. Jika ada yang lebih, jangan ragu untuk berbagi.