Kajian dan Pengajian


Ramadhan adalah bulan kajian dan pengajian. Di tahun-tahun lalu, selama Ramadhan di sebagian Masjid ada beberapa pengajian dan kajian:

  1. Pengajian Subuh
  2. Pengajian Dhuha untuk Sabtu dan Minggu
  3. Pengajian Zuhur
  4. Kultum Sebelum Buka
  5. Kajian Tarawih
  6. Kajian I’tikaf

Sekarang di masa-masa PSBB kegiatan yang sangat bermanfaat dan berpahala besar itu tidak kita temui karena kita belum lagi boleh ke Masjid.

Bicara kangen suasana itu, sepertinya semua kita merasakan hal itu. Hanya saja kondisi kita berbeda, tapi In sya Allah esensi dari semua kegiatan itu masih dapat kita peroleh. Bahkan bisa lebih. Media pengajian sekarang bukan lagi terbatas pada mimbar Masjid atau lekar Masjid. Pengajian sudah hadir di rumah kita dan bahkan di genggaman kita. Handphone kita sudah bisa mengakses ribuan pengajian yang kita inginkan dari ratusan da’i yang dapat kita pilih.

Khusus di Ramadhan tahun ini, banyak sekali ustaz dan kiyai yang membuat kajian dan pengajian online, dengan jamaah terbukan atau terbatas. Media-media seperti youtube, fb, zoom, microsoft team dll dapat dipilih sebagai medianya.

Penulis sendiri selain tetap hadir di Tvri nasional lewat Kajian Serambi Islami, tayang tiap Ahad Subuh, jam 04.30 sd 06.00, tersedia juga chanel youtube Pusat Kajian Hadis, juga web yang mengumpulkan puluhan ustadz bahkan ulama dunia (berbahasa Arab). Webnya:  warungustad.com.

Peringatan dari penulis. Hati-hati memilih nara sumber. ustadz baik banyak dan ustadz jelek/suu’ juga banyak. Jangan sampai terkecoh. Pilihlah pengajian berdasarkan keilmuan. Jangan pilih hanya berdasarkan LUCU, GANTENG, ENAK, TOP. Yang ingin kita ambil adalah ilmunya, bukan lucunya. Bukan juga sekedar terkenalnya. Memang ada beberapa ustadz yang Bagus, top, ilmunya tinggi. Nah silahkan ngaji sama beliau-beliau.

Ini webnya warungustad yang penulis singgung di atas.