Muqoddimah


بسم الله الرحمن الرحيم

Alhamdulillah, segala puja dan pujian hanya untuk Allah swt  Tuhan yang mengatur alam dengan kehendak-Nya dan tetap dalam kekuasaan-Nya. Dialah yang menetapkan segala sesuatu dengan tepat dan penuh dengan hikmah. Ya Allah … ampuni kami dengan segala kebodohan kami dan dosa-dosa kami.

Shalawat dan salam buat Rasulullah saw Muhammad ibn Abdillah. Nabi penyelamat ummat, Nabi yang sudah mengajarkan kita segala macam aspek kehidupan, dalam kondisi normal maupun luar biasa. Penuh kearifan, penuh perhatian dan penuh kasih sayang.

Semoga shalawat dan salam itu juga terlimpah untuk para sahabat, kerabat dan pengikut setianya sampai akhir masa.

Wabah CORONA yang sudah menjadi pandemi ini betul-betul mengubah wajah dunia dengan wajah baru yang benar-benar baru. Tidak disangka, tidak diduga, dan akhirnya … Dunia tanpa sepak bola, dunia tanpa Olimpiade, tanpa F1 dan MotoGp. Bar, Nightclub, Panti Pijat, semua tutup dengan keinginan sendiri.

Bukan cuma itu, Masjid dan Mushalla juga berimbas, sudah 3 Jum’atan jutaan Masjid di dunia tidak melaksanakan shalat Jum’at. Gereja, Sinagog, Vihara dan tempat-tempat ibadah lain bernasib demikian juga, TUTUP.

Lalu, … ada masalah dengan Islam melihat fenomena ini ?

Besok Ramadhan, tidak ada tarawih dan tidak ada buka bersama. Masalah ?

Idul Fitri, biasa keliling, salam-salaman, berbaju baru dst, besok tidak ada. Masalah ?

Buku kecil ini, mencoba menjawab masalah tersebut, sekaligus menawarkan SOLUSI ISLAMI, berdasarkan AL-QUR’AN DAN HADIS.

Buku kecil ini akhirnya menyimpulkan, ISLAM IS OK. Akan terbukti bahwa Islam benar-benar agama yang sempurna.

Bahasa dan bahasan dalam buku ini diperuntukkan untuk semua kalangan. Bukan buku akademisi yang cendrung dalam, jelimet dan penuh dengan referensi.

Penulis sengaja menyajikannya untuk bapak, ibu, orang tua, pekerja, mahasiswa, pelajar sehingga menghindar membahas perbedaan pendapat dalam fikih. Buku ini menjadi buku ke 20 sekian, yang penulis tulis untuk umum. Karena itu tidak akan banyak catatan kaki yang berisi referensi.  Lebih dikarenakan karena buku ini dinawaitukan untuk menjawab masalah ummat yang baru terjadi sekarang ini di 100 tahun terakhir.

Buku ini diterbitkan bersama oleh Pusat Kajian Hadis sebagai lembaga yang konsen dalam bidang kajian, penerbitan  fisik dan digital buku dan aplikasi Islami. Didukung oleh Baznas (Bazis) Prov. DKI Jakarta  yang punya kewajiban membina ummat, mengajak ummat dan mempersiapkan ummat yang baik. Juga didukung oleh Biro Dikmental spritual Pemprov DKI Jakarta. Provensi yang Gubernurnya sangat konsen mengajak ummat Islam untuk tetap menjalani dan mengisi Ramadhan tahun ini dengan kekhusyuan, keindahan dan kedamaian bagi seluruh masyarakat Jakarta, walau dalam suasana PSBB.

Buku ini akan diterbitkan dalam 5 versi. Buku cetak, dalam jumlah kecil. Dalam bentuk digital dengan 4 aplikasi. PDF, Flipbook, Aplikasi Android dan Aplikasi IOS.

Semoga buku ini bermanfaat, dapat memberikan hal-hal yang diperlukan ummat. Mudah-mudahan ini menjadi amal jariah buat penulis dan semua yang terlibat dalam proses pembuatan dan penerbitannya. Ya Allah ampuni kami, lindungi kami dan sayangi kami. Amin.

 

Jakarta,  April 2020

Ahmad Lutfi Fathullah