Tarawih dan Tahajjud


Tarawih di Rumah

Wow. Keren… Biasanya kita tarawih di Masjid, jadi ma’mum. Kali ini kita diberi kesempatan untuk menjadi imam.

Kita shalat di rumah, bapak dan anak laki-lakinya, bisa bergantian menjadi imam.

Bacaan bapak masih jelek. Hafalannya baru 3-4 surah. Nggak enak.

Justru sekarang inilah kesempatan bapak dan anak untuk memperbaiki bacaan. Banyaknya waktu di rumah kita gunakan untuk belajar dan menghafal al-Qur’an. Banyak web dan aplikasi yang bisa dijadikan rujukan untuk belajar, baik tingkat pemula, atau tingkat lanjutan.

Penulis sendiri sudah membuat 1 aplikasi berbasis android dan ios untuk belajar jadi imam. Lebih khusus lagi soal bacaan surahnya.

Aplikasi itu namanya: 40 Kumpulan Ayat yang Sering Dibaca oleh Imam. Baik imam di Masjid Haram, Masjid Nabawi, maupun masjid-masjid besar lainnya. Ayat-ayatnya dipilih berdasarkan tema populer, tidak panjang, antara 3-10 ayat saja. Ada suaranya, yang baca Ust. Agus Herianto orang Indonesia, sehingga mudah untuk ditiru. Silahkan downloud di playstore GRATIS.

Kalau sudah downloud, pilihlah ayat-ayat yang pendek, jika sudah hafal dan lancar, pilihlah ayat yang paling menyentuh hati. Kalau bisa targetkan Ramadhan saya sudah lancar membaca semua 40 kumpulan ini, dan sudah menghafal 5 kumpulan. Subhanallah … keren.

Sebagai contoh, buka kumpulan pembuka yaitu surah al-Fatihah, maka akan muncul ayatnya, lalu pencet play nya di bawah. Akan terdengar suaranya, lalu ikuti bacaan beliau ayat demi ayat, in sya Allah 5-10 kali ulang, sudah mulai lancar. Bukan cuma itu, bacaan anda juga sudah mulai enak.

Contoh ke 2:

Pilih kumpulan ke 13 temanya: Rasulullah saw  akan muncul ayat ini, cuma 3 ayat. play, lalu ikut bacaannya. in sya Allah, 3-5 kali ulang, akan hafal dan lancar.

Tahajjud di  Rumah

Untuk tahajjud, seperti tidak terlalu banyak bergeser. Mayoritas kita tahajjudnya di rumah, kecuali malam-malam terahir mencari Lailatul Qadar. Pembahasan Lailatul Qadar akan ada pada bab tersendiri.

Mungkin bedanya adalah kesempatan kita untuk tahajjud bersama keluarga menjadi lebih terbuka. Nah peluang ini ayo kita gunakan guna lebih mengakrabkan lagi keluarga kita. Ya Allah jadikanlah keluarga kami menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah. Amin.